8 Langkah Mudah Cara Naik Busway di Jakarta Bagi Pemula Tanpa Ribet

Cara Naik Busway di Jakarta Bagi Pemula

Untuk mengatasi kemacetan di Jakarta, pemerintah secara khusus sedang mulai menggalakkan pemakaian kendaraan umum.

Hal ini dimaksudkan agar masyarakat mengurangi pemakaian kendaraan pribadi, sebab sekarang jumlah kendaraan pribadi semakin meningkat dan menjadi salah satu alasan terbesar kemacetan tersebut.

Pemerintah juga sudah mulai menyediakan transportasi umum yang dirancang agar aman dan nyaman bagi penggunannya.

Salah satu alat transportasi umum tersebut adalah busway. Busway ini berbeda dengan bus yang biasa Anda naiki. Perbedaan itu bisa dilihat dari bentuknya dan cara menaikinya.

Cara Naik Busway di Jakarta Bagi Pemula
Cara Naik Busway di Jakarta Bagi Pemula

Berikut ini CaraKita akan menjelaskan bagaimana cara naik busway di Jakarta bagi pemula seperti Anda.

Mari simak dan pahami penjelasan di bawah ini, agar Anda tidak merasa kebingungan saat menaiki untuk pertama kalinya.

1. Menuju Halte Busway

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum naik busway tentu saja adalah menuju ke Halte, karena busway bukanlah transportasi umum yang bisa berhenti di sembarang tempat. Halte busway bisa Anda temukan di beberapa titik di kota jakarta. Oleh karenanya, Anda bisa mulai naik busway melalui halte yang terdekat dengan rumah Anda.

2. Beli E-Tiket

Sesampainya di halte busway, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membeli E-Tiket. Tiket dari busway ini bukan berbentuk kertas seperti saat Anda naik bus, namun E-Tiket berbentuk kartu, dimana cukup sekali beli dapat digunakan berkali-kali selama saldo mencukupi. Anda bisa mendapatkan E-Tiket ini di loket yang sudah disediakan.

3. Masuk Daerah Berbayar

Selanjutnya, setelah membeli E-Tiket Anda bisa langsung menuju ke daerah atau wilayah berbayar. Area ini biasanya digunakan sebagai tempat menunggu. Namun, perlu Anda ketahui saat Anda akan masuk ataupun keluar dari area tersebut haruslah menempelkan E-Tiket. Tujuannya adalah agar palang yang berada di pintu tersebut dapat terbuka.

Bagaimana bisa demikian? Saat Anda menempelkan E-Tiket, disitulah sensor pemindai langsung merespon dan otomatis menarik dana yang ada di dalam kartu. Dana tersebut sebagai biaya Anda menaiki busway.

Transaksinya berlangsung sangat cepat, sehingga Anda tidak perlu lagi menunggu. Disitu Anda juga bisa melihat sisa saldo di dalam E-Tiket yang Anda miliki.

4. Memilih Busway

Cara naik busway di Jakarta bagi pemula yang keempat adalah Anda diharuskan memilih busway yang sesuai dengan koridor. Koridor adalah rute perjalanan busway yang akan Anda naiki.

Anda bisa melihat daftar koridor pada papan informasi yang telah disediakan. Cermati informasi tersebut agar Anda tidak kebingungan mencari koridor. Disitu juga sudah diberi tanda posisi Anda sekarang ini. Apabila Anda sudah menemukan koridor yang sesuai dengan alamat tujuan Anda, selanjutnya Anda tinggal menunggu busway datang.

5. Naik Busway

Saat Anda sudah menemukan koridor, ingat-ingatlah nomor buswaynya. Jangan sampai busway yang Anda tunggu terlewatkan. Ada baiknya Anda mengecek nomor setiap busway yang lewat. Ketika busway yang sudah ditunggu tiba, Anda bisa langsung masuk. Namun, hati-hati saat akan melangkah masuk karena jarak antara posisi Anda dengan busway cukup jauh.

6. Turun dari Busway

Selama perjalanan Anda dapat dengan nyaman menikmati fasilitas yang disediakan di dalam busway. Tetapi jangan sampai karena terlalu nyaman Anda sampai lupa untuk memperhatikan di halte mana harusnya Anda berhenti. Saat sudah sampai di halte tujuan, Anda bisa langsung turun dengan hati-hati.

7. Menuju Busway Berikutnya

Untuk sampai ke tempat tujuan, terkadang Anda harus menggunakan busway lebih dari satu kali. Akan tetapi, Anda tidak usah khawatir akan menghabiskan biaya yang banyak jika naik busway berulang kali.

Hal tersebut dikarenakan sistem dari busway adalah selama Anda belum keluar dari daerah berbayar, maka Anda bebas untuk menaiki busway berulang kali tanpa membayar lagi. Inilah salah satu keuntungan dari menggunakan transportasi umum busway.

Langkah ketujuh dari cara naik busway di Jakarta bagi pemula ini bisa Anda skip sesuai jika Anda hanya perlu menggunakan busway satu kali saja

8. Keluar dari Daerah Berbayar

Sesampainya di halte tujuan, pastikan kembali apakah halte tersebut adalah memang tujuan Anda. Karena jika salah dan Anda sudah keluar dari daerah berbayar, maka untuk menaiki busway lagi Anda harus membayar lagi dan mengulang langkah 1-7

Saat Anda sudah memastikan kembali dan memang benar, maka selanjutnya Anda boleh keluar dari area berbayar. Anda cukup menemukan pintu keluarnya melalui palang yang sudah disediakan.

Agar palang pintu terbuka, cukup tempelkan E-Tiket Anda seperti saat Anda akan masuk area berbayar tadi. Namun bedanya saat Anda keluar, saldo di E-Tiket Anda tidak akan berkurang.

 

Cara naik busway di Jakarta bagi pemula di atas dapat langsung Anda coba saat Anda akan bepergian. Semoga cara di atas dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan